L O A D I N G
blog banner

Makanan Organik Tidak Lebih Baik Untuk Kesehatan Anda

Ramah lingkungan? Mungkin. Sehat? Mungkin tidak

Argumen berkelanjutan yang saya miliki dengan hampir setiap “pemakan bersih” yang pernah saya temui adalah tentang makanan organik. Hampir setiap orang yang mencoba makan sehat, pada satu titik atau lain, memutuskan untuk menjadi organik. Lebih baik bagi lingkungan, dan membuang semua bahan kimia jahat itu harus baik untuk kesehatan Anda.

Kanan?

 

Anda melihat ini di mana-mana. Hal pertama yang akan disampaikan oleh setiap pendukung paleo dengan tulus adalah bahwa pertanian konvensional menyebabkan semuanya, mulai dari kanker hingga penyakit autoimun, dan hampir semuanya ada di antaranya. Pandangan sekilas online menunjukkan kepada Anda orang-orang yang menjelekkan GMO dan pestisida ke kiri dan ke kanan, dengan organik tampaknya satu-satunya pilihan yang aman di lautan penyakit yang menyebabkan penyakit.

 

Tetapi kekhawatiran yang mengkhawatirkan tentang bahan kimia yang tidak baik adalah hal yang umum, dan terlepas dari klaim-klaim ini, kita semua tampaknya semakin keras kepala setiap tahun.

 

Jadi, apa buktinya tentang makanan organik?

 

Apa itu Organik?

Hal pertama yang harus dihapus adalah apa sebenarnya makanan organik itu. Anehnya, ini bukan pertanyaan yang mudah dijawab. Tidak hanya berbeda dari satu negara ke negara lain, tetapi peraturan dan pemantauan organik dapat menjadi sangat buruk sehingga di beberapa tempat sulit untuk melihat perbedaan antara pertanian konvensional dan organik sama sekali.

 

Namun, definisi yang cukup berguna dapat ditemukan di situs web “Hidup Sehat Holistik”, karena memberikan jendela ke omong kosong lengkap yang membentuk klaim kesehatan untuk makanan organik:

 

“Makanan organik diproduksi sesuai dengan standar produksi tertentu. Untuk tanaman, itu berarti mereka ditanam tanpa menggunakan pestisida konvensional, pupuk buatan, kotoran manusia, atau lumpur limbah dan bahwa mereka diproses tanpa radiasi pengion atau bahan tambahan makanan. Untuk hewan, itu berarti mereka dipelihara tanpa penggunaan antibiotik rutin dan tanpa penggunaan hormon pertumbuhan. Di sebagian besar negara, produk organik tidak boleh dimodifikasi secara genetik ”

Pada dasarnya, idenya adalah bahwa makanan organik harus diternakkan seperti yang kita lakukan di abad pertengahan: tidak ada bahan kimia ‘buatan’, tidak ada limbah mentah, dan hewan yang selalu berisiko terhadap infeksi dan kematian yang buruk.

 

Jelas ada masalah dengan ini. Tidak ada petani yang membuang kotoran mentah pada tanaman mereka, karena itu membunuh mereka. Melarang pupuk buatan dan pestisida konvensional berarti Anda sebenarnya dapat menggunakan pupuk dan pestisida selama masih alami dan / atau tidak konvensional. Memproses menggunakan radiasi pengion adalah a) aman dan b) membunuh hal-hal buruk seperti virus dan bakteri dalam makanan Anda.

 

Saya bisa melanjutkan. Sebenarnya saya akan.

 

Modifikasi genetika bukanlah masalah bagi kesehatan manusia atau pun sebenarnya dilarang dalam pertanian organik: satu-satunya hal yang dilarang adalah modifikasi genetika di laboratorium. Manusia telah memodifikasi makanan secara genetis selama berabad-abad melalui praktik yang dikenal sebagai hibridisasi, yang pada dasarnya membiakkan tanaman untuk memiliki kualitas yang diinginkan. Sebagai contoh, kami menghilangkan benih dari pisang.

 

Secara keseluruhan, kedengarannya seolah-olah faktor utama pertanian organik – penggunaan pestisida, non-transgenik, dll – mungkin tidak memiliki dampak kesehatan yang oleh banyak orang katakana organik berikan.

 

Bukti

Apakah organik baik untuk kesehatan Anda telah menjadi subjek dari banyak penelitian. Dari penelitian kecil yang mengamati hewan dan sel di laboratorium, hingga penelitian intervensi manusia yang besar dan terkontrol dengan baik, kami telah melihat sedikit pertanyaan.

 

Ada sejumlah tinjauan sistematis yang melihat manfaat kesehatan potensial dari organik. Ulasan sistematis adalah studi di mana para ilmuwan melihat seluruh tubuh literatur, mencari melalui ratusan ribu studi, untuk melihat apa bukti untuk dan terhadap suatu posisi.

 

Dan jika kita melihat ulasan sistematis tentang makanan organik, kita menemukan jawaban yang sama berulang kali: makanan organik tidak memberikan manfaat kesehatan apa pun jika dibandingkan dengan makanan pertanian konvensional.

 

Tidak ada

 

Makanan organik tidak lebih sehat bagi Anda daripada apa pun.

Ini tidak mengherankan. Seperti yang saya sebutkan, hal-hal yang dilindungi oleh makanan organik mungkin terdengar menakutkan, tetapi ternyata tidak buruk sama sekali bagi Anda. Ya, pestisida bisa berbahaya jika Anda menenggaknya, tetapi jumlah yang Anda dapatkan dalam tomat rata-rata adalah dalam urutan nanogram. Sebagai referensi, Anda memiliki lebih banyak formaldehyde di tubuh Anda saat ini daripada pestisida.

 

Bagaimanapun juga tidak begitu menakutkan ketika Anda melihatnya seperti itu, bukan?

 

Intinya

Makanan organik populer karena sejumlah alasan. Jelas ada bukti bahwa itu lebih baik bagi lingkungan daripada opsi konvensional, dan jika Anda ingin menghabiskan sedikit ekstra untuk membuat dampak melindungi keanekaragaman hayati maka saya katakan baik untuk Anda.

 

Tetapi ketakutan akan pertanian konvensional tidak rasional. Ada bukti bagus bahwa pestisida dalam jumlah yang Anda temukan di sebagian besar makanan supermarket tidak berdampak pada kesehatan manusia sama sekali. Pertanian konvensional telah merevolusi dunia dengan memungkinkan akses mudah ke makanan segar sepanjang tahun – jika ada, pertanian konvensional telah bertanggung jawab untuk menyelamatkan jutaan nyawa di seluruh dunia.

 

Promosi makanan organik adalah contoh lain dari kekeliruan naturalistik: bahwa segala sesuatunya sehat karena alami. Ini omong kosong yang membosankan, karena siapa pun yang telah digigit ular berbisa alami atau yang memiliki cacing pita alami dapat memberi tahu Anda. Makanan organik hanyalah cara lain bagi penipu untuk menjual kesehatan karena orang takut dengan apa yang tidak mereka pahami.

 

Pada akhirnya, ada satu alasan bagus untuk makan organik: lingkungan.

 

Itu dia.

 

Bukti menunjukkan bahwa organik sama sekali tidak lebih baik untuk kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *