L O A D I N G
blog banner

Polenta Ini Berdiri Sendiri

Sebagian besar waktu, polenta adalah lauk, ruang mentega untuk menumpuk daging yang direbus atau ayam panggang emas. Itu pemain pendukung, bukan bintang.

 

Tetapi seperti risotto dan pasta rekan senegaranya dari Italia, polenta yang wangi dan lembut layak menjadi sorotan tersendiri. Yang perlu dilakukan seorang juru masak adalah menambahkan beberapa informasi tentang sesuatu yang menyengat atau gurih untuk kerumitan, dan sesuatu yang renyah atau nubby untuk memecah kesunyiannya yang tak henti-hentinya, untuk menghangatkan, makanan yang menenangkan yang sama sekali tidak sulit dibuat.

 

Dalam versi ini, saya membuat polenta alih-alih mendidih di atas kompor. Lebih nyaman seperti itu, dan lebih tidak praktis: Setelah memasukkannya ke dalam oven, Anda tidak perlu mengaduk.

Itu juga lebih aman untuk lengan Anda. Dari semua luka bakar dapur yang jahat yang saya alami selama bertahun-tahun, tidak ada yang lebih buruk daripada lepuh merah di pergelangan tangan saya yang ditinggalkan oleh percikan polenta. Memanggang polenta menghilangkan risiko ini (dan ya, saya seharusnya menurunkan panas, pelajaran yang didapat).

Kemudian, saat polenta matang, Anda akan dapat menggunakan kompor untuk membuat hiasan. Di sini saya tumis daun bawang hingga warnanya menjadi keemasan, manis dan renyah di tepinya. Lalu aku taburkan di atas polenta yang mengepul, bersama beberapa remah-remah Gorgonzola dolce, keju biru lembut yang akan meleleh saat bersentuhan. Jika Anda tidak bisa mendapatkan bawang perai, gunakan bawang bombai, tetapi masak beberapa menit lebih lama sehingga menjadi cokelat di bintik-bintik. Keju biru yang tidak terlalu tajam bisa digunakan untuk Gorgonzola. Anda juga dapat mencoba feta untuk sesuatu yang lebih kuat dan lebih asin, atau kubus keju kambing segar untuk sesuatu yang creamy dan relatif ringan. Bahkan Cheddar yang baik parut akan bekerja.

Anda mungkin memiliki beberapa opsi untuk dipilih saat membeli polenta: kasar, halus, instan, atau yang tidak diberi label. Jenis yang tidak berlabel biasanya adalah penggiling sedang, dan itulah yang biasanya saya dapatkan. Jika Anda melihat kasar, raihlah. Ini umumnya akan memiliki rasa paling manis dan tekstur paling menarik. Hindari saja barang instan, yang sudah dimasak sebelumnya dan bisa menjadi pucat saat dididihkan.

 

Kemudian sajikan di piring sup dengan salad hijau di sampingnya. Itu saja yang Anda butuhkan untuk makan malam yang paling enak di hari-hari pertama musim semi yang dingin ini.

Dan minum …

Hidangan polenta murahan ini menyarankan tiga jalur untuk anggur. Mereka semua memiliki satu kesamaan, keasaman hidup, untuk memotong rasa asertif yang kaya. Pertama adalah putih kering segar, seperti banyak dibuat di seluruh Italia dan Prancis, termasuk Soave, vermentino, Vernaccia di San Gimignano, Chablis atau Sancerre, serta anggur lain dari sejenisnya. Jalur kedua akan menjadi merah kering yang tidak oaky, apakah sangiovese yang baik dari dunia Chianti, franc cabernet dari Lembah Loire atau mungkin campuran frappato dari Sisilia. Kemungkinan terakhir adalah anggur dengan sedikit rasa manis, seperti Vouvray demi-sec atau riesling Spanyol. Tergantung pada apa lagi yang Anda makan, Anda dapat mencoba port cokelat, mengingat port dan keju biru adalah kombinasi klasik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *